Gejala Kanker Serviks, Kenali Sejak Dini

serviks-kankerMulai sekarang deteksi secara dini gejala kanker serviks. Kenali dulu tanda-tandanya sebelum mengobatinya. Mungkin pada stadium awal kanker serviks masih belum bisa dideteksi dengan mudah, mereka yang sudah terinfeksi memang terlihat normal tetapi dengan bantuan tes pap akan ketahuan. Tes pap dilakukan pada awal usia 21 dan setelah itu tiga tahun sekali secara berkala. Beberapa gejala yang merupakan suatu tanda-tanda awal akan terjadinya kanker serviks seperti yang dibahas di rumah sakit di mataram sebagai rujukan nasional.
1. Keputihan
Keputihan adalah suatu cairan putih yang keluar dari daerah kewanitaan. Ciri-cirinya ialah cairan tersebut kental, bau, dan warnanya tidak normal. Saat sudah mengeluarkan keputihan dengan ciri-ciri berikut maka timbullah rasa gatal dan panas pada daerah kewanitaan. Hati-hati barangkali saja itu merupakan gejala awal kanker serviks yang perlu untuk segera diantisipasi. Segera konsultasikan ke dokter spesialis khusus agar segera bisa mendapatkan penanganan.

2. Sakit pada daerah kewanitaan
Waspadai sakit pada daerah kewanitaan, sakit yang anda alami bisa jadi berasal dari virus human papiloma yang dapat mengganggu sistem imun tubuh anda. tanda-tandanya sakit pada bagian bawah perut, lalu merambat sampai sakit paha, sakit pada persendian panggul biasanya saat menstruasi, dan sakit saat buang air besar.
3. Pendarahan
Pendarahan pada wanita bukan hal yang sepele, saat mestruasi anda tidak normal atau mungkin juga keluar darah pada daerah sekitar kewanitaan dan terjadinya pun rutin segera saja periksakan ke dokter.
4. Nyeri saat buang air kecil
Anda merasa nyeri pada kantung kemih saat buang air kecil? rasa nyeri tersebut bisa jadi adalah gejala awal atau stadium awal terjadinya kanker serviks.
5. Menurunnya nafsu makan
Terjadinya penurunan nafsu makan dapat menjadi tanda-tanda awal mudahnya merasa cemas dan rawannya stress jika berlarut-larut dibiarkan saja bisa jadi lama-kelamaan akan menjadi salah satu gejala dini kanker serviks.
Saat gejala awal sudah anda rasakan maka jangan sampai dibiarkan berlarut-larut, bila itu sampai terjadi akan ada gejala kanker serviks stadium akhir. Semakin lama akan semakin menyebar ke leher rahim hingga ke organ jaringan pada tubuh. Muncullah beberapa gejala baru yang merupakan gejala stadium akhir seperti :
1. Buang air kecil yang bermasalah seperti munculnya rasa nyeri yang lebih sakit dari gejala kanker serviks awal.
2. Berkurangnya selera makan
Bila pada gejala awal nafsu makan sudah berkurang maka pada tahap selanjutnya atau stadium akhir anda akan benar-benar tidak berselera makan/kehilangan selera makan.
3. Munculnya rasa nyeri yang bertubi-tubi
Munculnya rasa nyeri pada punggung karena ginjal yang mengalami pembekakan.
Jangan meremehkan terjadinya gejala-gejala diatas, bila sekirannya sudah terasa sakit pada daerah-daerah tertentu maka segera saja untuk memeriksakannya ke dokter spesialis, jangan tunggu sampai parah.

  • Article By :
    Carlisle adalah seorang blogger aktif yang menikmati berbagai kepada dunia tentang apa saja yang menarik dari berbagai topik yang saya senangi. Semoga bisa menghibur dan menambah wawasan kami.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*