Penyakit yang Mengganggu dalam Budidaya Ikan Lele

lele-indonesiaPenyakit ikan lele adalah kendala dalam yang bisa disebabkan oleh penyakit infeksi dan oleh non-infeksi. Jenis penyakit non-infeksi merupakan jenis penyakit yang muncul karena adanya gangguan dari faktor yang tidak bersifat patogen yang menyerang ikan lele. Penyakit jenis non-infeksi tidak memiliki sifat menular ke sesamanya. Sedangkan jenis penyakit yang disebabkan infeksi umumnya muncul karena disebabkan gangguan organisme patogen yang menyerang. Penyakit-penyakit ini bisa menjadi hambatan dalam budidaya ikan lele. Berikut jenis-jenis penyakit itu untuk dipahami dan dihindarkan.

  1. Jenis Penyakit karena Infeksi

Biasanya infeksi disebabkan oleh organisme patogen berupa parasit seperti virus, bakteri, dan jamur. Dalam produksi massal benih ikan patin masih terdapat berbagai kendala diantaranya adalah seringnya terserang parasit Ichthyoptirus multifilis (white spot) yang menyebabkan benih lele banyak yang mati khususnya bagi benih yang masih 1-2 bulan umurnya. Di dalam budidaya ikan lele tahap pembesaran belum ada informasi yang melaporkan serangan terhadap penyakit.

  1. Jenis Penyakit non-infeksi

Jenis penyakit non-infeksi yang banyak terjadi adalah kurang gizi dan keracunan. Penyakit keracunan banyak terjadi karena faktor-faktor  seperti pakan yang diberikan berkuman dan berjamur atau dikarenakan pencemaran lingkungan khususnya di lingkungan perairan. Tanda-tanda keracunan bisa diidentifikasi dari tingkah laku ikan seperti:

  • Ikan akan lemah, megap-megap berenang di permukaan air.
  • Banyaknya benih mati terutama yang berumur 1 hingga 2 bulan.

Akan terlihat seperti bintik-bintik putih akibat menempelnya organisme patogen pada ikan lele.

  • Article By :
    Carlisle adalah seorang blogger aktif yang menikmati berbagai kepada dunia tentang apa saja yang menarik dari berbagai topik yang saya senangi. Semoga bisa menghibur dan menambah wawasan kami.

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*